2016-01-07

4 Tanda Bahaya saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai



Jika anda telah merasakan adanya tanda hamil, sebaiknya kenali sejumlah tanda bahaya saat kehamilan yang mungkin timbul. Kehamilan merupakan proses atau tahapan yang sangat monumental sehingga wajar jika tidak sedikit gangguan atau hambatan yang akan datang menghadang. Dengan mengenal berbagai tanda bahaya tersebut, maka diharapkan kita dapat menghindari atau mengatasi sesegera mungkin agar tidak membawa buruk khususnya terhadap perkembangan janin 3 bulan.

Lantas apa saja gangguan yang kerap mengiringi kehamilan, berikut 4 tanda bahaya saat kehamilan yang perlu diwaspadai.

1. Terjadi Pendarahan Hebat
Pendarahan merupakan gangguan yang kerap terjadi saat kehamilan, baik pada trimester awal maupun menjelang kelahiran. Apalagi jika pendarahan yang terjadi diikuti dengan keluarnya banyak darah, perut terasa sangat sakit, serta terjadi kram maka anda perlu waspada terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan di luar kandungan yang sangat berbahaya, baik bagi ibu ataupun calon bayi. Jika anda mengalami pendarahan selama kehamilan, segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan mencari solusinya.

2. Berat Badan Meningkat Berlebihan
Selama kehamilan, berat badan ibu hamil perlu dijaga dengan baik. Jika berat badan ibu bertambah secara mencolok dan dirasakan tidak wajar, anda perlu segera mewaspadainya. Obesitas saat hamil berbahaya buat ibu maupun perkembangan janin sehingga harus segera diatasi. Berkonsultasi dengan dokter kandungan ataupun ahli gizi akan memberikan solusi yang terbaik.

3. Mual dan Muntah yang Sangat
Mual dan muntah merupakan tanda kehamilan yang lumrah dan wajar terjadi, utamanya saat hamil muda. Gejala mual yang lumrah umumnya terjadi saat pagi sehingga disebut morning sickness dan terjadi sebagai reaksi terhadap perubahan yang terjadi dalam rahim. Namun jika terjadi mual berlebihan saat hamil, maka gejala itu perlu diwaspadai, apalagi jika menyebabkan kondisi ibu menjadi lemah, berat badan menurun, dan menyebabkan hilangnya nafsu makan.

4. Cairan Ketuban Pecah Sebelum Waktunya
Ketuban merupakan cairan yang membungkus janin di dalam kandungan yang perlu dijaga agar tidak pecah sebelum saat kelahiran. Keluarnya air ketuban sebelumnya waktunya atau disebut juga Ketuban Pecah Dini (KPD) dapat menyebabkan janin tak lagi terlindungi dan terancam infeksi. Cairan ini biasanya keluar seperti air kencing sehingga perlu segera diatasi agar tidak membahayakan janin. Jika anda mengalami tanda bahaya saat kehamilan semacam ini, segera bawa ke dokter kandungan untuk mendapat penanganan secepatnya.

Demikianlah tadi 4 Tanda Bahaya saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai dan perlu anda ketahui tentunya. Semoga semoga ulasan singkat ini bisa memberrikan informasi dan menambah wawasan kita tentang pentingnya menjaga kehamilan. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+