2016-01-06

4 Faktor Penyebab Risiko Kematian Saat Melahirkan



Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko kematian saat melahirkan. Data menunjukkan tingkat kematian ibu maupun anak di Indonesia saat melahirkan terbilang masih tinggi. Faktor risiko ini bisa terjadi saat melahirkan ataupun merupakan akumulasi dari berbagai tanda bahaya saat kehamilan yang tidak segera diatasi. Pengetahuan dan pemahaman para ibu hamil yang masih rendah turut mewarnai kondisi yang yang memprihatinkan tersebut. Karena itulah pentingnya mengetahui dan mengenal berbagai faktor risiko saat melahirkan.

Kesadaran terhadap keamanan dan keselamatan ibu hamil merupakan tanggung jawab ibu itu sendiri maupun suami. Buat ibu yang sedang hamil penting untuk selalu menjaga kesehatannya dengan menjaga asupan makanan maupun keamanan janin. Sedangkan bagi para suami, penting juga untuk mendukung apapun yang dilakukan ibu hamil dalam menjaga kehamilannya.

Nah, berikut ini beberapa faktor yang kerap menyertai meningkatnya risiko kematian saat melahirkan yang perlu dikenali dan diantisipasi.

1. Infeksi dalam Rahim
Infeksi yang terjadi saat kelahiran sangat mengancam keselamatan baik untuk hamil maupun janin. Salah satu faktor terjadinya infeksi yang umumnya terjadi adalah karena adanya virus yang masukke dalam rahim ibu yang menyerang selama kehamilan. Karena itu ibu yang sedang hamil perlu segera mengatasi jika terjadi gangguan saat hamil yang mungkin terjadi.

2. Pendarahan pada Ibu
Hingga saat ini pendarahan adalah faktor utama yang menyebabkan kematian ibu saat proses melahirkan. Dalam sejumlah kasus pendarahan saat persalinan terjadi begitu saja hingga ibu kehabisan tenaga dan meninggal.

3. Anemia
Anemia merupakan salah satu gangguan saat hamil berupa kurang darah yang dapat mengancam keselamatan ibu saat melahirkan. Kondisi kekurangan darah ini sangat tidak mendukung saat proses kelahiran berlangsung dimana ibu akan membutuhkan banyak darah dan tenaga. Karena itu pengenalan dan pencegahan sejak dini terhadap gejala ini akan sangat penting dilakukan.

4. Hipertensi
Hipertensi merupakan salah satu faktor utama penyebab kematian ibu saat melahirkan. Biasanya dokter kandungan akan memberikan nasehat yang penting jika ada ibu penderita hipertensi yang ingin hamil.

Demikianlah tadi 4 Faktor Penyebab Risiko Kematian Saat Melahirkan yang penting dan perlu diperhatikan. Konsultasi dengan dokter kandungan merupakan langkah antisipasi terbaik menghadapi dan mengatasi risiko kematian saat melahirkan.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+