2016-05-09

Berapa berat badan ideal saat hamil?



Berat badan ideal saat hamil berdasarkan journal dan studi ilmiah adalah tergantung pada berat badan ibu sebelum kehamilan terjadi. Jika sebelum hamil BB berada di kisaran normal maka sebaiknya ibu harus menambah berat badan sekitar 12 – 17 Kg, namun bila saat sebelum hamil BB kurang dari berat normal maka pertambahan berat badan yang harus dicapai adalah 15 – 20 KG.

berat badan ideal saat hamil
Ibu hamil tidak dibenarkan untuk diet apapun, saat kehamilan bukan tubuh langsing yang harus kita tonjolkan, sebab itu tidak akan mungkin. Saat hamil yang harus diperhatikan adalah kecukupan gizi ibu dan janin. Oleh karena itu jangan takut akan kegemukan saat sedang mengandung. Apakah penulis berbicara tanpa dasar? oh sama sekali tidak bu… saya menulis berdasarkan jurnal yang bisa ibu lihat di sini _ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/viewFile/39/35. Tulisan ini hanya menyampaikan isi kandungan journal tersebut, karena bentuknya dalam PDF kadang sebagian ibu hamil tidak bisa membuka (keterbatasan kemampuan HP/ gadget)

Bila si ibu mengandung anak kembar maka kenaikan berat badan ideal saat hamil harus lebih besar lagi dari standard pertambahan BB ideal ibu hamil yang dituliskan diatas. Hal ini karena kebutuhan nutrisi ibu hamil kembar jauh lebih banyak dari ibu yang mengandung anak tunggal. Dalam hal ini sangat penting konsultasi secara rutin dengan dokster spesialis kandungan. Jangan pernah takut untuk masuk klinik bersalin dokter spesialis, biaya konsultasi tidak mahal kok, di kota kami biaya konsultasi hanya Rp. 50.000,- dan ada juga yang lebih murah dengan layana BPJS. Kalau ibu belum punya kartu BPJS silahkan urus, cara daftarnya bisa dilihat di sini.

Intinya berat badan ideal saat hamil jauh berbeda dengan BB normal saat hamil, saat ini tidak bisa dilakukan pengukuran berat badan berdasarkan tinggi badan, tapi pertambahan berat badan didasarkan pada angka-angka ideal seperti disebutkan diatas. Bila setelah dihitung berdasarkan rumus diatas ternyata BB anda kurang, maka sebaiknya lakukan penambahan berat dengan asupan gizi seimbang, dan bila BB anda berlebih saat hamil maka jangan lakukan diet apapun, ibu hamil tetap harus menjaga asupan gizi harian. Terkait menu seimbang dan jenis makanan sebaiknya konsultasi dengan ahli kndungan. Semoga bermanfaat.

baca juga cara menghindari berat badan berlebih saat hamil di sini



Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+