2016-01-12

Hindari Tidur Telentang Saat Hamil


Hindari Tidur Telentang Saat Hamil



Saat hamil, seorang wanita mengalami berbagai pantangan yang harus mereka taati demi kesehatannya maupun bayi yang di kandungnya, belum lagi pada masa kehamilan, para calon ibu merasakan banyak penderitaan seperti susah jalan, susah tidur, susah duduk dan susah makan.

Ada satu pantangan yang mungkin belum banyak di ketahui oleh para wanita hamil yaitu pantangan untuk tidur terlentang, kenapa tidur terlentang pada saat hamil di larang ? menurut sebuah studi baru dari Australia menyebutkan bahwa tidur terlentang pada saat hamil dapat berisiko lebih tinggi terjadinya keguguran.

Sementara, menurut data di Inggris tercatat terjadi 4.000 kasus keguguran pertahun dan hanya ada sebelas bayi yang terlahir hidup perharinya. Meski hampir separuh dari kasus keguguran tersebut belum di ketahui penyebabnya secara jelas. Beberapa pakar menduga 10 persen penyebab keguguran itu adalah komplikasi pada kesehatan sang ibu atau plasentanya.

Para peneliti di Australia mengemukakan bahwa tidur terlentang saat hamil berisiko enam kali lipat mengalami keguguran. Hal ini setelah mengamati kondisi kehamilan 295 wanita dari 8 rumah sakit yang ada di Australia selama lima tahun. Berdasarkan pimpinan tim peneliti, Dr. Adrienne Gordon dari Royal Prince Alfred Hospital, Sydney, hasil temuan ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa tidur telentang dalam waktu lama mengakibatkan hambatan aliran darah dari sang ibu ke bayinya.

Para peneliti pun menemukan bahwa wanita hamil cenderung tidur dalam kondisi miring ke kiri. Dengan demikian bahwa para wanita hamil secara naluriah akan lebih memilih posisi tidur yang terbaik dan nyaman untuk diri dan calon bayinya. Di samping posisi tidur, faktor risiko lain yang menyebabkan keguguran adalah seberapa banyak pergerakan si calon bayi di dalam perut ibunya. Jadi apabila mendekati masa kelahiran si bayi semakin tak banyak menunjukkan pergerakan, bisa jadi risiko kegugurannya semakin tinggi. Data temuan tersebut dipastikan dengan hasil pengamatan terhadap beberapa wanita yang sehat selama hamil dan dapat melahirkan bayi dengan kondisi bayi hidup sehat atau selamat.

Demikian tadi ulasan kita tentang Hindari Tidur Telentang Saat Hamil, semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+