2016-01-15

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil


susu kedelai dan ibu hamil
Manfaat susu kedelai dapat dirasakan oleh setiap orang. Tidak semua orang cocok mengkonsumsi susu sapi sehingga mereka akan berpindah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai bisa dijadikan sebagai alternative untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Susu kedelai juga memiliki kandungan protein yang banyak meskipun kandungan proteinnya tidak sebanyak susu sapi. Namun susu kedelai jika dikonsumsi secara rutin setiap hari dapat menurunkan resiko terkena osteoporosis. Selain itu susu kedelai sedikit mengandung lemak jenuh. Sehingga manfaat susu kedelai bagi kesehatan para penderita jantung sangat baik dan aman mengkonsumsi susu kedelai.

Susu kedelai yang belum melalui proses pengayaan mengandung sekitar 7 gr protein, 4,5 gr lemak, 4 gr karbohidrat, dan tidak mengandung kolesterol. Sedangkan jika dibandingkan dengan susu sapi, susu sapi mengandugn vitamin, mineral, karbohidrat, dan juga lemak. Per-cangkir susu sapi mengandung 12 gr karbohidrat dan 8 gr protein. Namun susu kedelai sekarang yang telah beredar di pasaran sudah diperkaya dengan vitamin E, B12, D dan kalsium serta nutrisi lainnya. Ada beberapa manfaat susu kedelai yang bisa didapatkan. Manfaat tersebut dapat disimak uraian singkat berikut ini.

Bagi yang alergi terhadap susu sapi, susu kedelai dapat dijadikan sebagai alternative karena susu kedelai tidak mengandung laktosa yang dapat menimbulkan alergi. Bayi juga aman mengkonsumsi susu kedelai terutama jika bayi terkena glactosemia atau semacam gangguan langka yang menurun. Manfaat susu kedelai lainnya adalah dapat mengurangi gejala menopause. Menopause sering dialami oleh kaum wanita. Wanita yang mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat menurunkan resiko menopause lebih cepat karena susu kedelai mengandung isoflavon yang bersifat seperti hormone estrogen.

Selain baik untuk kesehatan, susu kedelai juga baik untuk ibu hamil. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil adalah dapat membantu pertumbuhan sel saraf secara optimal pada janin yang dikandungnya. Dan dapat mencerdaskan bayi. Selain itu susu kedelai mengandung vitamin yang juga baik untuk ibu hammil. Vitamin A, B1, dan E dapat menjaga kesehatan ibu hamil agar tetap bugar dan sehat. Tidak hanya itu saja. Protein yang terkandung di dalam susu kedelai dapat menjaga kesehatan organ dalam ibu hamil dan perkembangan organ calon bayi dapat tumbuh optimal. Karbohidrat di susu kedelai juga dapat menambah energy.

Demikianlah tadi beberapa Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil yang bisa didapatkan. Semoga ulasan tadi bisa memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Share this article :
Share on fb Tweet Share on G+